jump to navigation

Kuliner di jalur pantura 16 September 2009

Posted by masbloro in Kuliner.
Tags:
trackback

Ada banyak tempat makan di sepanjang jalur pantura mulai dari jakarta sampai dengan semarang. Tapi yang benar – benar enak dan nempel di lidah tidak banyak, salah memilih tempat makan akan membuat perjalanan anda menjadi tidak menyenangkan entah karena harganya yang mahal rasanya tidak enak atau tempatnya tidak bersih. Berikut ini beberapa tempat kuliner yang banyak direkomendasi oleh banyak orang.

1. Sea Food Pesona Laut.

pesonalaut3my6

Rumah makan Pesona Laut terletak di kawasan Eretan- Kecamatan KandangHaur – Indramayu, Tempat ini ruang parkir luas dan halaman untuk anak-anak bermain, maka tempat ini nyaman untuk sarana anak-anak menghabiskan energinya. Di halaman tersedia “Amben” atau tempat tidur kayu untuk anda melepas kantuk di bawah pohon Ketapang sambil merasakan semilirnya tiupan angin laut Jawa.

Dari jauh nampak seperti bagan terbuat dari besi, inilah sebuah anjungan produksi minyak Laut Jawa yang sedang sekarat. Semula anjungan ini milik perusahaan asing ARCO lalu setelah masa kontrak bagi hasil selesai, anjungan diserahterimakan kepada Pertamina Wilayah Jawa Barat dalam keadaan tak berfungsi.

Pelayanan Pesona Laut cukup cepat. Ayam goreng, sup kepala ikan kakap, Kangkung Cah dan Kopi disediakan oleh pelayan yang sopan. Menu dibagi dalam beberapa bagian misalnya masakan Ikan, masakan Cumi, Udang, Rajungan, Ayam, Aneka Sup, Mie dan Sayuran.

Mushala (tempat Ibadah Umat Muslim) dan ruang peturasan saya mengagumi kebersihannya. Para petugas selalu dengan sigap menyiram kakus yang baru dipakai pelanggan sehingga tidak tercium bau pesing yang umumnya dihasilkan dari rumah produksi berjudul Peturasan – di resto lain. Mereka tidak memungut biaya ataupun menaruh “tromol” berupa kotak kayu yang diberi lubang pipih di atasnya, juga tidak dijumpai penjaga di depan toilet yang tak henti-hentinya memainkan coin nominal seribu rupiah dalam genggamannya untuk mengingatkan anda bahwa buang air kecil “seceng” adalah seribu rupiah – sementara mandi “ceng-go” a.k.a seribu lima ratus rupiah. Sebuah rak buku kecil tersedia buku-buku selingan bacaan bagi yang berminat.

Resto ini mulai beroperasi sejak 1980-an ini buka dari jam 07:00 sampai 22:00. Mengenai harga cukup melawan sehingga anda tidak perlu takut tertipu oleh mereka.

Di ruang kasir akan nampak bergantungan CD yang telah ditandatangani oleh para selebrities Indonesia. Jadi tunggu apa lagi? Menginginkan makan ala selebrities, di sini tempatnya.

2. RM Pringsewu

RM ini terkenal bukan karena makanannya tetapi karena  berhasil mendapatkan penghargaan dari MURI (Musium Rekor Indonesia), dengan gila-gilaan memasang iklan terpanjang di Indonesia.

Ruang parkir memang terbilang luas. Tak heran mereka  membusung dada sebagai  Restoran Taman.

Toilet yang tersedia cukup sempit dan cuma terdiri dua kamar. Sama sekali tidak nyaman untuk dipergunakan dan membuat pengunjung lain antri. Padahal, rata-rata pengunjung datang adalah untuk menggunakan tempat ini.

Melalui pengeras suara, disampaikan informasi pelayanan perusahaan seperti loket makanan, loket oleh-oleh, loket obatan disertai  permintaan maaf, atas pelayanan prasmanan yang disediakan disini. Cukup informatif.

Ternyata musim liburan, membuat  pemilik Pringsewu kedodoran melayani pelanggan secara normal (dilayani), sehingga aturan main diubah.

Seperti nampak pada gambar, pengunjung antri beramai-ramai mengambil makanan sementara pendingin ruangan juga seperti sudah separuh keok mengatasi sengatan panas udara Pantura dari luar.

Selesai bersantap, seorang wanita manis mendatangi saya sambil memperlihatkan tiga kartu. yaitu 7,8,9 spade (keriting) lalu saya diminta mengambil kartu “8″ yang ternyata ditangan saya sudah berubah menjadi kartu lain. Lalu ada kartu lain yang harus dibaca dengan pikiran kosong agar diperoleh efek yang dinginkan dan sebuah permainan grafik.

Dengan cara seperti itu pengunjung merasa dihargai sebagai pelanggan.  Ternyata kartu tadi dihadiahkan kepada saya. Untuk yang satu ini (customer care), Pringsewu boleh diacungi jempol.

Untuk kulitas makanan tampaknya harus ditingkatkan lagi.

3. Nasi Jamblang

DSCN0325

Adanya persis di depan apotik pasar Jamblang sebelum masuk Cirebon. Kalau mau mampir, sebaiknya tidak lewat jalur tol. Selain disitu ada juga di Jl. Dr. Cipto Cirebon, di ruko seberangnya Grage Mall.   Lokasinya persis di perempatan, tidak jauh dari gedung PAM Cirebon, Jl. Tuparev yang sangat khas bentuknya itu. Kalau dari arah Jakarta sebaiknya langsung masuk ke arah kota, searah dengan Hotel Patra Jasa. Jadi jangan lewat ring road. Warung mang Dul udah buka sejak subuh, jam 8-9 pagi biasanya udah abis, empal gentong juga bisa ditemui di stasiun Kejaksan (pusat) Cirebon (di tengah kota Cirebon ada 2 stasiun). Adanya di halaman parkir stasiun Cirebon, persis sebelah wartel !

4. Oleh – oleh khas Cirebon

Adanya di Jl. Siliwangi depan Pasar Pagi Cirebon. Cirebon sangat khas dengan ikan asin jambal roti, emping dari yang ukuran kecil mpe besar, yang rasanya standar mpe yang rasa kerang, asin, manis, pedes. Beli juga rengginang dari rasa biasa, keju, juga trasi. Jangan lupa sirop Tjampolai rasa pisang susu, rasa jeruk keprok/nipisnya juga asik ! Kalau suka asinan, beli asinan “shinta” khas cirebon !

4. Bubur sop Mang Kapi,

Adanya di j. Gunung Sari, dari warung mang dul setelah Mal Grage belok kiri. Warung kaki lima ini jualnya malem menjelang buka mpe subuh ! Jualnya bubur sop, sate, nasi lengko, indomie khas mang kapi, pokoknya komplit !

5. Mie kocok

Tempatnya di emperan toko sepanjang Jl. Siliwangi, Cirebon, depan Pasar Pagi. Bukanya malam, di sana juga ada nasi jamblang. Di sepanjang emperan Mall Grage juga banyak warung jamblang, tapi ga’ enaaaak !

6. Telur Asin

Di sepanjang jalan pantura di  wilayah brebes yang jejeran sama rel KA sampai jembatan menuju Alun-alun Brebes. Supaya aman beli di area sebelum jembatan besar Brebes, sebelah kiri jalan yang tokonya barengan dengan bengkel (kalo ga’ salah). Ancer-ancernya, di sebelah kanan ada mesjid. Telur asin, sekarang ada yang dibakar. Beli juga yang mentah, supaya bisa dibuat pepes telur asin. Enak banget ! ingat pilih telur yang bulat, jangan yang oval!

7. Sate Kambing

Di perempatan Losmen & bioskop “Maya” (Mall Pasific) belok ke kanan ke arah purwokerto. Sekitar 2 km ada sate Kartomo sebelah kanan jalan. Maju lagi menjelang tikungan ke kiri ada banyak penjual sate kambing “tirus”. Setelah rel KA, belok lagi ke kanan ada banyak warung sate, pilih “sarimindo”, dijamin wuenak, buka mpe jam 02.00 pagi !. Kalo yang mau ke semarang, mampir di warung sari sedap, adanya di jal. Gajah Mada, ga’ jauh dari Bank Bukopin, di sebelah kiri dekat tikungan Jl. Dr. Sutomo. Maju lagi 1 km ada warung Ni’mat, di sebelah kiri juga.

8. Oleh oleh Tegal

Dari jalan Gajah Mada setelah perempatan pasar sore, belokan pertama ke kanan (ke arah klenteng). Ada toko khas oleh2 Tegal. Beli pia mungil khas tegal rasa kacang ijo, kacang item, coklat, keju, susu, buah, bawang, dll. Beli juga kecap asli tegal cap “kambing” atau “sari dele”. Di toko itu juga banyak makanan khas lainnya. Beli juga ikan asin kuro asem manis ma terasi cap obor ! Pia yang konvensional agak besar adanya di Gg. Paweden, Jl Veteran.

9. Soto Tegal

Tidak jauh dari alun-alun – mesjid agung tegal, parkir dekat pos polisi di pojokan alun-alun (sebelah kiri), di belakang pos ada warung soto banyak, pilih yang persis di pojok. Sotonya pake tauco, ada yang ayam, babat, atau campur ! Kalo yang mau ke PWK, beli di dareah mampir Soto Sari Sedap, daerah Talang, sekitar 5-10 km dari Tegal ke arah Slawi/ PWK. Di sepanjang jalan, sempetin beli poci dan berbagai kerajinan lampu dokar untuk dekor rumah !

10. Dengkil

adanya di pasar malam (orang tegal nyebutnya alun-alun/lap. PJKA depan stasiun). tanya orang aja, pasti ditunjukin yang jual kikil dibakar pakai bumbu rawit uleg, potongan bawang dan tomat plus kcep. Ada juga kepala kambing, sate dan otak ! Mantaaaap ! Ga pake bo’ong !

11.  Sate Ayam khas Margasari

Pake bumbu kuning, adanya di jl. Ahmad Yani tidak jauh dari perempatan toko Jakarta/bengkel motor, ke arah Semarang, di sebelah kiri jalan ! Pasti belum pernah makan deh !

Berikut ini tempat makan yang direkomendasi oleh tim bango yang disusun femina.

1. ANYER
RM Sambolo 2 (makanan laut)
Jl Raya Anyer Carita KM 131

2. CILEGON
RM Ibu Mamak (Rabek dll)
Simpang Tiga Cilegon
telp (0254) 392675

3. TANGERANG
Restoran Pondok Selera (Heycian)
Jl Baharuddin 15
telp (021) 5539775

4. BOGOR

Sop Buntut “Mang Endang”
Jl Sudirman, Bogor dekat Taman Air Mancur

Soto Kuning Pak Yusuf
Jl Surya Kencana di kawasan gg Aut, tepat di seberang bank BCA Suryakencana

Gili-gili (nasi jambal, kelapa godok)
Jl Raya Pajajaran
telp (0251) 340111

Tahu Pong Lym
Padjadjaran Food court yg terletak di jl Pajajaran no 60A-B
telp (0251) 341631

Restoran Gepuk dan Ikan balita karuhun
Jl Raya Semplak no 172
telp (0251) 7535604

Bandrek susu
jl Sudirman dekat air mancur

Kafe Mangiare
Jl Pakuan no 21
telp (0251) 371450

Bale-bale ayam
Jl Soleh Iskandar (Jl Baru)
telp (0251) 2152435

5. KARAWANG

RM Jambalwalahar (ayam bakar kecap)
Jl Raya Kosambi 37
telp (0267) 435032

6. PURWAKARTA

Sate maranggi saung maranggi
Jl Terusan kaptem halim depan kantor kecamatan pasawahan
telp (0264) 211108

7. SUMEDANG

SAte “Iting”
Jl Geusan Ulun no 111/115
sumedang samping bank BNI

“Tahu Bungkeng”
Jl 11 april no 53

RM Tirta sandi
Jl terusan pagar betis desa citengah
telp (0261) 203373

RM Soto Edo
Jl Mayor Abudrrahman no 118
telp (0261) 201776

8. CIREBON

Nasi jamblang mang dul
jl dr cipto mangunkusumo 4 gunung sari (seberang matahari grage mal)

nasi lengko H barno
jl pagongan 15B
telp (0231) 210064

empal gentong mang darma
jl slamet riyadi krucuk samping BTN
telp (0231) 245069

manisan sinta
jl lemahwungkuk no 37

emping
jl raya gunung jati menuju arah indramayu

mangga gedong
jl kebon cai

RM H mul seafood
jl dr cipto mangunkusumo kalibaru

mie koclok “pak kurdi”
jl penggiringan no 2

pusat oleh2 “sumber jaya”
jl siliwangi no 229-231
depan pasar pagi

9. BREBES

telur asin setuju jaya
jl pemuda 231

sate suharjo
jl a yani no 31
telp (0238) 671797

sate kambing H Moel
jl raya kaligangsa wetan, tepat sebelum gerbang untuk memasuki kab tegal
telp (0283) 671763

10. TEGAL

kupat bongkok
jl slamet riyadi

kupat glabed
mal pacific tegal

warung makan pian (nasi lengko)
jl kol sugiarto 25, depan stasiun tegal

tahu murni dan RM nata jaya
jl raya dampyak 19-21 (arah tegal menuju pemalang)
telp (0283) 35188

pia argasari
jl gurami 15

sate pak kumis
jl dr cipto mangunkusumo 282
telp (0283) 310303

11. SLAWI

satay kambing balibul “ibu tomo”
jl mayjen sutoyo

12. PEMALANG

soto grombyang
pasar anyar, dekat stasiun KA pemalang

sate loso pak mulu
jl urip sumoharjo 124

resto pring sewu (gurame)
jl raya tegal pemalang km 7
telp (0283)

13. PEKALONGAN

garang asem dan nasi megono H masduki
jl alun alun 78

soto tauto ibu bawon/soto PPIP
jl dr wahidin gg 12A

nasi uwet H zarkazi
jl sulawesi 1C

sop buntut bu leman
jl dr wahidin no 91
telp (0285) 433606

RM kartika sari
jl raya tegal sari no 38/39
di daerah batang, sekitar 5 km dari pekalongan ke arah weleri, kendal.
posisi ada di kiri jalan
telp (0285) 391385

warung makan barokah (pecel barokah)
jl raya 4 wiradesa
telp (0285) 420025

RM bu nani (aneka seafood)

14. COMAL

RM prima (kepiting gemes)
jl a yani 31-33A

15. KENDAL

RM tina (sup buntut)
jl raya barat kendal
sebelah kiri jalan
telp (0294) 381304

RM salsabil II
jl raya brangsong
telp (0294) 5790999

16. JEPARA

RM pondok rasa
jl pahlawan 2

17.KUDUS

opor sunggingan
jl nitisemito kios 10-12

RM sari rasa (aneka makanan)
jl AKBP agil kusumadya20
telp (0291) 442218

lontong sayur tuyuhan
desa tuyuhan, lasem

satai serepeh
pusat kota rembang

soto kerbau karso-karsi
jl AKBP agil kusumadya

jenang kudus
jl sunan muria
jl RM sosrokartono
jl dr ramelan
jl masjid (kudus wetan)
pindang kudus mapan
jl tanjung, kudus
satai kerbau semsaka gang empat
jl nuri, kudus

18. REMBANG

sirop kawista cap dewa
jl utama rembang

19. PATI

nasi gandul HA warsimin
jl kiai pupus
telp (0295) 382639

20. TUBAN

mbak yatmi
depan mesjid raya
RM pangestune
jl semarang 1

sate & becek menthok
(makanan khas tuban)
desa karang, kecamatan semanding, jl majapahit, belakang RS median mulia

legen dan kacang tuban
toko oleh2 pusat kota tuban

21. JOMBANG

nasi kikil warung mbak in (buka malam saja)
jl kh hasyim ashari gg gudang 21 (belakang stasiun jombang)

sate kambing ringin contong
dekat bunderan ringin contong (menara air)

22. LAMONGAN

depot asih jaya (soto ayam gagrak lamongan)
jl panglima sudirman 75
telp (0322) 315853

23. GRESIK

RM bandeng pak elan
jl veteran 69
telp (031) 3981148

nasi krawu mbak su
jl hos cokroaminoto gg 1 no 32

warung kopi pak abdul rochim
jl kh wahid hasyim III/2

24.BANTEN

sate bandeng RM sampurna
jl a yani 22, serang
telp (0254) 4210301

nasi sumsum
jl purbaya, pasar lama serang

25. SUKABUMI

RM ikan mas nikmat
jl cianjur, dekat pasar sukaraja, kampung pasekon

soto sapi H didi
jl tentara pelajar 82, tasikmalaya
telp (0265) 323728

bubur ayam kalektoran zaenal
jl R ikik wiradikarta/ kalektoran 33, tasikmalaya
telp (0265) 325369

nasi tutug oncom
jl dadaha PGSD (dekat kampus UPI)

26. CIANJUR

RM ika bakar cianjur
jl muardi 141
telp (0263) 263392

27. TASIKMALAYA

kupat tahu kabitha
jl tarumanegara 34

RM saung ranggon
jl leuwidahu 81 G
rarangjami

soto sapi H didi (empang banli)
jl tentara pelajar 82

28.CIAMIS

RM mergosari (masakan sunda)
jl raya cikoneng, cireong
telp (0265) 275322

29. PURWOKERTO

soto ayam jalan bank H Loso
jl bank
telp (0281) 639353

raja soto lama pak suradi
jl jend sudirman

RM es njepit
jl jend sudirman 324 A

toko oleh2 eco 21
jl sawangan

30. WONOSOBO

mie ongklok pak muhadi
jl a yani 1
telp (0286) 324744

31. KEBUMEN

warung sate ayam ambal pak alip
jl pahlawan 128

candisari resturant
jl raya timur km 2
karanganyar

soto entok darsum taman winangun
jl pemuda depan apotik Lukolo & di taman winangun

toko oleh2 santoso
jl pahlawan 109 (timur BNI)

32. MAGELANG

warung senerek (sop senerek)
jl mangkubumi 3

oleh2 tiko enang jaya
jl jend sudirman 199

getuk
jl mataram 47 atau jl tentara pelajar

33. KUTOARJO

gudeg mataram
jl p diponegoro 138

sate kambing muda pak bedjo
jl p diponegoro 157

toko bagelen
jl p diponegoro 171 A/jl tegal gg timur 5

kue LOmpong king
jl p diponegoro 159

34. PONOROGO

nasi pindang dan nasi bumbu bali RM ahmad
jl Thamrin

35. MADIUN

pecel madiun depot 99
jl cokroaminoto 99

oleh2 khas madiun toko 59
jl a yani 55 magetan

36. KEDIRI

tahu poo
jl yos sudarso 36

pecel mbah sariyem
jl pesantren IIB
desa pesantren (belakang RS rachma medika, dari arah RS baptis kediri terus
ke arah timur)

37.BLITAR

depot retno (masakan jawa)
jl mayjend sungkono 31

38.TRETES

RM ayam goreng Sri
jl dr sutomo 3-4

sumber : tourismindonesia, harry sufehmi dan wikimu


 

About these ads

Komentar»

1. gambang semarang - 13 Januari 2010

wah lengkap banget tuh, gak nyadar selama ini bayak yang terlewatkan, padahal sering lewat jalur pantura.
my last post:Lezatnya Iga Bakar Depot Mary

2. Pengelola Unit Owner Hotel Pantai Carita - 23 Mei 2010

Makan di depan Lippo Carita Kondominium Juga tidak kalah enak nya kok, suguhan makanan laut yang masih fresh pasti bikin ketagihan

3. Wiwik - 1 Juni 2010

Makasih ya infonya … sepertinya lengkap, tinggal di coba satu satu niy. Trims.

4. bangun - 3 Agustus 2010

Infonya sangat bermanfaat :thumbs up

5. nopbita - 18 Maret 2011

permisi saya mau tanya” kan mau ada study tour k jakarta lhaa kita butuh info buat tempat makan di sekitar pantura yg pastinya murah dan enak,

biasa kantong mahasiswa,
;)

chandra pradipta - 1 Juli 2012

kalau yang tempat jakarat ada lele lela di situ mrah kok lumyanlah nasi cuma Rp2000,aja tambah lele nya sekitar Rp10.000

6. diana - 28 Agustus 2012

setelah membaca review ini, langsung mencoba rm pesona laut. udang rebusnya tidak segar dan bau. baronang bakar keras dan kepiting saos padangnya kecil padahal ditulis kepiting telor. servisnya payah karena kami harus minta piring sendiri. lain kali bikin review yg tidak menyesatkan.

7. Rumah Makan Pantura - 25 Mei 2013

Mantab info rumah makan di jalan pantura lengkap sangat membantu, Pesona Laut ini rekomended kayaknya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 94 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: